SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

BAB 1

SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Arti Sistem

            Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma), yaitu suatu kesatuan yang terdiri komponen/elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, dan energi.

            Pengertian sistem yang paling umum adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka. Namun, pengertian sistem itu sendiri selalu berkembang sesuai dengan konteks dimana pengertian sistem itu digunakan. Berikut ini adalah pengertian sistem menurut beberapa ahli :

         SALISBURY

A system is a group of components working together as a functional unit. Sistem adalah sekelompok bagian-bagian atau komponen yang bekerja sama sebagai suatu kesatuan fungsi.

·         PILECKI

Sistem adalah sekumpulan objek dan menghubungkan objek itu dengan atributnya atau dengan kata  lain, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian-bagian, atribut dari bagian, dan hubungan antara bagian dengan atribut.

·         ROBERT ALLEN & MARK VICTOR HANSEN

Sistem adalah prosedur yang terorganisir dan mapan yang membuahkan hasil.

·         DJEKKY R. DJOHT

Sistem adalah agregasi atau pengelompokan objek-objek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikian rupa oleh alam atau oleh seni sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.

·         UMAR FAHMI ACHMADI

Sistem adalah tatanan yang menggambarkan adanya rangkaian berbagai komponen yang memiliki hubungan serta tujuan bersama secara serasi dan terkoordinasi yang bekerja atau berjalan dalam jangka waktu tertentu dan terencana.

·         ZULKUFLI A. M

Sistem adalah himpunan sesuatu “benda” nyata atau abstrak (a set of thing) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, dan saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.

·         WEBSTER’S UNABRIDGED

Sistem adalah elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi.

·         BERTALANFFY

Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan  yang sama.

·         RAYMOND McLEOD

Sistem adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu.

·         GORDON B. DAVIS

Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud.

·         KOENTJARANINGRAT

Sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak; suatu cabang ilmu niscaya mempunyai objeknya, dan objek yang menjadi sasaran itu umumnya dibatasi. Sehubungan dengan itu, maka setiap ilmu lazimnya mulai dengan merumuskan suatu batasan (definisi) perihal apa yang hendak dijadikan objek studinya.

Bab ini membahas tentang sistem perekonomian Indonesia, pengertian sistem ekonomi itu sendiri adalah suatu kumpulan aturan dan lembaga perekonomian yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam menunjang kegiatan perekonomian dengan tujuan mencapai kemakmuran masyarakat. 

 

Sumber  :

http://pchelline.blogspot.com/2012/03/bab-i-sistem-perekonomian-indonesia.html

http://carapedia.com/pengertian_definisi_sistem_menurut_para_ahli_info512.html

http://elkace.wordpress.com/2008/12/05/sitem-ekonomi-liberal-kapitalis/

http://ludvitasari.blogspot.com/p/sistem-perekonomian-pasar-liberalis-dan.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s